PENDAHULUAN
Organisasi berasal dari kata organon dalam
bahasa Yunani yang berarti alat. Pengertian organisasi telah banyak disampaikan
para ahli, tetapi pada dasarnya tidak ada perbedaan yang prinsip, sehingga
dapat saya simpulkan bahwa organisasi merupakan sarana untuk melakukan
kerjasama antara orang-orang dalam rangka mencapai tujuan bersama, dengan
mendayagunakan sumber daya yang dimiliki.
Dan pada prinsipnya
setiap organisasi harus memiliki tiga unsur dasar, yaitu :
a. Orang-orang
(sekumpulan orang),
b. Kerjasama,
c. Tujuan yang ingin
dicapai,
Sedangkan Pengertian
Manajemen dari beberapa literature sebagai berikut :
a.
Menurut Goerge R. Terry dan Leslie W. Rue dikemukakan bahwa : Manajemen
adalah suatu proses atau kerangka kerja, yang melibatkan bimbingan atau
pengarahan suatu kelompok orang ke arah tujuan-tujuan organisasional atau
maksud-maksud yang nyata.
b.
Menurut James A F Stoner dalam bukunya Management, diungkapkan bahwa :
Manajemen adalah proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan
usaha-usaha para anggota organisasi dan penggunaan sumberdaya-sumberdaya
organisasi lainnya agar mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan.
c.
T. Hani Handoko menyimpulkan bahwa pada
dasarnya manajemen dapat didefinisikan sebagai bekerja dengan orang-orang untuk
menentukan, menginterpretasikan dan mencapai tujuan-tujuan organisasi dengan
pelaksanaan fungsi-fungsi perencanaan (planning), pengorganisasian
(organizing), penyusunan personalia atau kepegawaian (staffing), pengarahan dan
kepemimpinan (leading) dan pengawasan (controlling).
Dengan demikian, manajemen adalah proses merencanakan,
mengorganisasikan, memimpin dan mengendalikan pekerjaan anggota organisasi dan
menggunakan semua sumber daya organisasi untuk mencapai sasaran organisasi yang
sudah ditetapkan.
AKTIVITAS
MANAJEMEN ORGANISASI
Secara khusus manajemen organisasi
mempunyai dua tugas utama yaitu efektivitas dan efisiensi, dimana :
• effective is to do the right something. Dimana efektif merupakan
pencapaian tujuan atau
target.
• efficiens is to do the something right . sedangkan efisien adalah
cara dalam mencapai
tujuan atau taget tersebut dengan memperkecil pengeluaran atau
pemborosan
Sehingga dalam menjalankan roda organisasi dengan menggunakan sedikit
mungkin
sumberdaya namun mencapai tujuan yang maksimal.
AKTIVITAS
MANAJEMEN
aktivitas utama atau fungsi utama
manajemen adalah :
1. Perencanaan (Planning)
Perencanaan adalah pemilihan sekumpulan kegiatan dan pemutusan
selanjutnya apa yang harus dilakukan, kapan, bagaimana, dan oleh siapa.
Gagal dalam merencanakan artinya merencanakan kegagalan, sehingga lebih
baik bersimbah keringat di saat latihan daripada bersimbah darah di medan
perang.
2. Pengorganisasian (organizing)
Pengorganisasian merupakan suatu proses untuk merancang struktur
formal, mengelompokkan dan mengatur serta membagi tugas-tugas atau pekerjaan di
antara para anggota organisasi, agar tujuan organisasi dapat dicapai dengan
efisien. (T.Hani Handoko)
Sedangkan fokus pada tahap
pengorganosasian adalah :
• Apa saja tugas yang harus diselesaikan?
• Siapa yang yang mengerjakannya?
• Bagaimana tugas-tugas dikelompokkan?
• Siapa melapor ke siapa?
• Dimana keputusan harus dibuat?
3. Pengarahan (Leading/Actuating)
4. Pengontrolan (controlling)
Pengawasan dapat didefinisikan sebagai proses untuk menjamin bahwa
tujuan-tujuan organisasi
dan manajemen
tercapai
PENGEMBANGAN
ORGANISASI
1. Pengertian Pengembangan Organisasi
Pengembangan Organisasi merupakan program yang berusaha meningkatkan
efektivitas keorganisasian dengan mengintegrasikan keinginan individu akan
pertumbuhan dan perkembangan dengan tujuan keorganisasian.
2. Alasan akan pentingnya pengembangan
Organisasi
• Perubahan adalah pertanda kehidupan
• Perubahan memberikan harapan
• Pengembangan merupakan tanggapan atas
perubahan
• Pengembangan merupakan usaha untuk
menyesuaikan dengan hal baru (perubahan)
3. Metode Pengembangan Organisasi
• Metode Pengembangan Perilaku
Jaringan Manajerial (managerial Grid)
Latihan kepekaan
Pembentukan Tim
Umpan Balik Survei
• Metode Pengembangan Ketrampilan dan sikap
On the job training
Job Instruction Training
Of the job training
Vestibule training
CONTOH
PERUSAHAAN BERKEMBANG
Perusahaan Perseroan (Persero) PT Telekomunikasi
Indonesia, Tbk (“TELKOM”, ”Perseroan”, “Perusahaan”, atau “Kami”) merupakan
Badan Usaha Milik Negara dan penyedia layanan telekomunikasi dan jaringan
terbesar di Indonesia. TELKOM menyediakan layanan InfoComm, telepon kabel tidak
bergerak (fixed wireline) dan telepon nirkabel tidak bergerak (fixed wireless),
layangan telepon seluler, data dan internet, serta jaringan dan interkoneksi,
baik secara langsung maupun melalui anak perusahaan.
Sebagai BUMN, Pemerintah Republik Indonesia
merupakan pemegang saham mayoritas yang menguasai sebagian besar saham biasa
Perusahaan sedangkan sisanya dimiliki oleh publik. Saham Perusahaan
diperdagangkan diBursa Efek Indonesia (“BEI”), New York Stock Exchange
(“NYSE”), London Stock Exchange (“LSE”) dan Tokyo Stock Exchange (tanpa
listing).
Untuk menjawab tantangan yang terus berkembang
di industri telekomunikasi dalam negeri maupun di tingkat global, kami bertekad
melakukan transformasi secara fundamental dan menyeluruh di seluruh lini bisnis
yang mencakup transformasi bisnis dan portofolio, transformasi infrastruktur
dan sistem, transformasi organisasi dan sumber daya manusia serta transformasi
budaya. Pelaksanaan transformasi ini dilakukan dalam rangka mendukung upaya
diversifikasi bisnis TELKOM dari ketergantungan pada portofolio bisnis Legacy
yang terkait dengan telekomunikasi, yakni layanan telepon tidak bergerak
(Fixed), layanan telepon seluler (Mobile), dan Multimedia (FMM), menjadi
portofolio TIME (Telecommunication, Information, Media and Edutainment).
Konsistensi kami dalam berinovasi telah berhasil memposisikan Perusahaan
sebagai salah satu perusahaan yang berdaya saing tinggi dan unggul dalam bisnis
New Wave.
Komitmen kami untuk mendukung mobilitas dan
konektivitas tanpa batas diyakini akan meningkatkan kepercayaan pelanggan ritel
maupun korporasi terhadap kualitas, kecepatan, dan kehandalan layanan serta
produk yang kami tawarkan. Hal itu terbukti dengan kontinuitas peningkatan di
sisi jumlah pelanggan kami, yakni mencapai 120,5 juta pelanggan per 31 Desember
2010, atau meningkat sebesar 14,6%. Dari jumlah tersebut, sebanyak 8,3 juta
pelanggan merupakan pelanggan telepon kabel tidak bergerak, 18,2 juta pelanggan
telepon nirkabel tidak bergerak, dan 94,0 juta pelanggan telepon seluler.
KERJASAMA
Kerjasama atau bisa disebut dengan Kooperasi
yaitu praktik seseorang atau kelompok yang lebih besar yang bekerja di khayalak
dengan tujuan atau kemungkinan metode yang disetujui bersama secara umum,
alih-alih bekerja secara terpisah dalam persaingan.
Kerjasama adalah tugas dan tanggung jawab
setiap individu di suatu perusahaan untuk mengimplementasikan kerjasama kedalam
suatu wujud nyata pelaksanaan kerja harian. Namun untuk tercapainya hal ini
perlu adanya komitmen bersama dan persamaan persepsi tentang arti dan makna
teamwork baik dikalangan karyawan maupun level manajemen. Hal ini diperlukan
agar terjalin kesamaan tujuan dalam pelaksanaanya sehingga tidak terjadi
kesimpangsiuran dan kesalahpahaman dikemudian hari.
Jadi kita bisa melakukan Kerjasama dengan beberapa organisasi lainnya
yang memiliki satu tujuan dengan organisasi kita. Contohnya Koperasi adalah
Bentuk kerja sama di ranah bisnis, pertanian dan perusahaan.
ANAK
PERUSAHAAN
Membuka anak perusahaan salah satu cara yang
bisa di gunakan, kita ingin membuka jasa pengiriman paket/pos. Tapi sebelumnya
perusahaan kita menjual peralatan elektronik maka oleh itu kita bisa
menciptakan sebuah anak perusahaan yang masih dalam pengawasan perusahaan
induk. Contoh BUMN memiliki beberapa anak perusahaan seperti PAM, PLN, TELKOM.
GO PUBLIK
Yang di maksud GO PUBLIK adalah kita membuka
pintu untuk Investor2/Masyarakat yang ingin ber investasi. Perusahaan yang
sudah GO PUBLIK disebut dengan Perusahaan terbuka. Contoh sederhananya adalah
perusahaan waralaba yang mengajak masyarakat/investor untuk menanam saham atau
membuka franchise.
Perusahaan tidak hanya dengan cara itu menjadi
perusahaan Go Public tetapi harus di setujui oleh Bapepam. Perusahaan yang
bermaksud menawarkan efeknya ke masyarakat melalui pasar modal itu, Dalam
mengajukan pernyataan pendaftaran emisi efek
syarat yang harus dipersiapkan :
1. Menajemen perusahaan menetapkan rencana mencari dana melalui Go public.
2.
Ada persetujuan dari RUPS dan
orang-orang pemegang saham di perusahaan dan
perubahan anggaran dalam RUPS tadi. Suatu perusahan yang Go public itu
dalam penjualan saham perdananya ke masyarakat, harga sahamnya jauh berbeda
dengan waktu penawaran perdana sebelum Go public.
3.
Emiten atau perusahaan yang Go
public tadi harus menyiapkan kelengkapan dokumen dibantu dengan profesi penunjang :
a.
Penjamin emisi (underwriter) yang
menjamin dan membantu emiten dalam proses emisi.
b.
Profesi penunjang ada; akuntan
publik, notaris, konsultan hukum, perusahaan penilai.
c.
Lembaga penujangnya; wali amanat,
guarantor, biro administrasi efek, tempat penitipan harta
4.
Mempersiapkan kelengkapan dokumen
emisi tadi
5.
Mengadakan kontrak pendahuluan
dengan bursa efek
6.
Public Expose
7.
Penandatangan-an berbagai
perjanjian-perjanjian emisi
8.
Penawaran obligasi atau efek lain
yang bersifat hutang, harus dapat peringkat yang dikeluarkan oleh lembaga peringkat efek.
9.
Menyampaikan pernyataan
pendaftaran beserta dokumen-dokumennya kepada Bapepam.
Setelah Bapepam menerima pernyataan pendaftaraan emisi tadi, Bapepam
melakukan pemeriksaaan dan evaluasi terhadap kelengkapan dokumen yang
diwajibkan termasuk juga Surat pengantar pernyataan pendaftaran prospektus
lengkap, belum lagi dokuman lain yang ikut diwajibkan juga dan sangat wajib,
laporan keuangan, rencana jadwal emisi, rencana penggunaan dana, Legal Audit,
Legal opinion, perjanjian penjaminan emisi dan lain-lain.
Dan berdasarkan ketentuan yang berlaku, pihak Bapepam bakalan nanggepin
permohonan emisi tadi dalam tiga puluh hari kerja setelah penyerahan berkas
permohonan tersebut didaftarkan. Selain 3 cara diatas ada pula faktor - faktor
yang membuat organisasi harus berkembang agar bisa bertahan.
Kekuatan eksternal
- Kompetisi yang semakin tajam antar organisasi.
- Perkembangan IPTEK.
- Perubahan lingkungan baik lingkungan fisik
maupun sosial yang membuat organisasi berfikir bagaimana mendapatkan sumber diluar organisasi
untuk masa depan organisasi.
Kekuatan
internal
- Struktur.
- Sistem dan prosedur.
- Perlengkapan dan fasilitas.
- Proses dan sasaran.
- Bila tidak cocok akan membuat organisasi
melakukan perbaikan. Perubahan organisasi dilakukan untuk mencocokkan dengan
kebutuhan yang ada.
Dengan terciptanya iklim
kerjasama antar sesama karyawan didalam perusahaan diantaranya adalah:
- Penyelesaian yang cepat terhadap suatu permasalahan yang timbul dalam
kegiatan kerja.
- Timbulnya ide-ide baru yang berasal dari kreatifitas individu maupun
team yang dapat
menjawab tantangan-tantangan menghadapi kompetisi yang semakin ketat
dalam dunia
telekomunikasi akhir-akhir ini.
- Meningkatkan efisiensi dan produktifitas perusahaan pada umumnya dan
individu
karyawan pada khususnya.
KESIMPULAN
Organisasi adalah
bentuk formal dari sekelompok manusia dengan tujuan individualnya masing –
masing (gaji, kepuasan kerja, dll) yang bekerjasama dalam suatu proses tertentu
untuk mencapai tujuan bersama (tujuan organisasi). Untuk Itu diperlukan
beberapa tipe organisasi dalam pengembangan perusahaan tersebut.
Dalam menjalankan
Perusahaannya, Organisasi yang berkembang tersebut menggunakan beberapa sistem
untuk memajukan perusahaan mereka. Sistem organisasi berkembang yang dikenal
adalah : join venture, holding company, dan go public.
Sistem organisasi yang
berkembang tersebut memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing yang
menjadi tolak ukur setiap perusahaan memilih sistem pengerjaan perusahaannya
sesuai dengan bidangnya masing-masing sehingga kekurangan dan kelebihan
tersebut bisa di gunakan untuk memajukan kepentingan perusahaan itu sendiri.
PENUTUP
Demikian yang dapat
kami paparkan mengenai materi yang menjadi pokok bahasan dalam makalah ini,
tentunya masih banyak kekurangan dan kelemahannya, kerena terbatasnya
pengetahuan dan kurangnya rujukan atau referensi yang ada hubungannya dengan
judul makalah ini.
Penulis banyak
berharap para pembaca yang budiman sudi memberikan kritik dan saran yang
membangun kepada penulis demi sempurnanya makalah ini dan dan penulisan makalah
di kesempatan-kesempatan berikutnya. Semoga makalah ini berguna bagi penulis
pada khususnya juga para pembaca yang budiman pada umumnya.
DAFTAR PUSTAKA