Selasa, 02 April 2013

Pengertian ISD dan IPS

       I.   1                    1.      Pengertian ISD dan IPS

ISD adalah ilmu yang mempelajari tetang maasalah-masalah dan keadaaan di sekitar lingkungan hidup manusia, yang berasal dari berbagai bidang pengetahuan dalam lapangan hidup-hidup social. Misalnya dari sosial masyarakat, antropologi, sosiologi, ilmu politik, ekonomi, psikologi dan sejarah.
IPS adalah ilmu yang mempelajari tentang penelaahan atau kajian tentang masyarakat.

Tujuan ISD dan IPS

  ISD
a.       Memahami dan menyadari adanya kenyataan-kenyataan dan  masalah-masalah sosial yang ada dalam masyarakat
b.      Peka terhadap masalah-masalah sosial, sanggup, dan peka terhadap masalah-masalah social tersebut dan ikut serta dalam usaha-usaha menanggulanginya.
c.       Menyadari bahwa setiap masalah yang timbul dalam masyarakat selalu bersifat kompleks.
d.      Memahami pola pikir para ahli dari berbagai ilmu di bidang lain dan dapat berkomunikasi dengan mereka dalam rangka penanggulangan masalah sosial.
  IPS
a.       Membekali peserta didik dengan ilmu pengetahuan sosial yang berguna dalam kehidupan masyarakat
b.      Membekali peserta didik dengan kemapuan mengidentifikasi, menganalisa dan menyusun alternatif pemecahan masalah sosial yang terjadi dalam kehidupan di masyarakat
c.       Membekali peserta didik dengan kemampuan berkomunikasi sesame warga masyarakat dan dengan berbagai bidan ilmu serta keahlian
d.      Membekali peserta didik dengan kesadaran , sikap mental yang positif, serta keterampilan di lingkuan hisup agar menjadi bagian hidupnya yang tidak terpisahkan
e.       Membekali peserta didik dengan kemampuan pengetahuan dan keilmuan IPS yang sesuai dengan perkembangan hidupnya.
                  2.      ISD dan IPS
ISD dan IPS kedua-duanya memiliki persamaan dan perbedaan.
Persamaan ISD dan IPS
a.       Memiki persamaan yang sama yaitu kedua-duanya merupakan bahan studi untuk program pengajaran/pendidikan
b.      Keduanya bukan disiplin ilmu yang berdiri sendiri
c.       Keduanya memiliki materi yang terdiri dari kenyatan dan masalah sosial
Perbedaan ISD dan IPS
a.       ISD biasanya di berikan untuk Perguruan Tinggi, sedangkan IPS di berikan untuk Sekolah Dasar dan Sekolah Lanjutan
b.      ISD merupakan satu mata kuliah tunggal, sedangkan IPS merupakan kelompok dari sejumlah mata pelajaran
c.       ISD diarahkan kepada pembentukan sikap dan kepribadian, sedang IPS diarahkan kepada pembentukan pengetahuan dan ketrampilan intelektual.
      3.      Ruang lingkup ISD
a.       Kenyataan-kenyataan sosial yang ada dalam masyarakat, yang secara bersama-sama merupakan masalah sosial tertentu.
b.      Konsep-konsep sosial atau pengertian-pengertian tentang kenyataan­kenyataan sosial dibatasi pada konsep dasar atau elementer saja yang sangat diperlukan untuk mempelajari masalah-masalah sosial yang dibahas dalam Ilmu Pengetahuan sosial.
               c.   Masalah-masalah sosial yang timbul dalam masyarakat, biasanya terlibat dalam berbagai  kenyataan-kenyataan sosial yang antara satu dengan lainnya saling berkaitan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar