Senin, 15 Juni 2015

Latar Belakang Penulisan Ilmiah

1.1  Latar Belakang Masalah
Olahraga adalah salah satu kebutuhan yang sangat dibutuhkan bagi semua masyarakat khususnya untuk kesehatan jasmani. Olahraga untuk saat ini sudah mulai diterapkan pada anak usia dini hingga orang dewasa. Manfaat olahraga sangat banyak dari mulai untuk kesehatan tubuh, meningkatkan sportivitas, membuat percaya diri, mengurangi resiko stress, serta membantu menunda proses penuaan dini. Saat ini banyak olahragga yang digemari oleh masyarakat seperti sepakbola, futsal, bola basket, voli, badminton, billiard dan sebagainya.
Salah satunya adalah olahraga billiard. Billiard adalah salah satu olahraga yang tidak membutuhkan banyak tenaga dan tidak membutuhkan banyak gerak, tetapi hanya membutuhkan gerakan tangan, ketangkasan otak serta strategi untuk memainkan olahraga ini. Olahraga billiard ini sekarang banyak digemari oleh masyarakat, serta dalam olahraga billiard ini juga tidak hanya digemari oleh kaum pria, tetapi juga digemari oleh kaum wanita.
Dalam olahraga billiard ini sebenarnya sangat mudah ini dilakukan jika mengetahui terlebih dahulu peraturan dan teknik dasar billiard, khususnya bagi pemula yang ingin memainkan olahraga ini.
Ada beberapa jenis dalam bermain billiard ini, yaitu bola sembilan dan bola delapan. Tetapi masyarakat lebih sering bermain dengan cara memainkan bola sembilan. Banyak buku panduan teknik dasar bermain billiard tetapi jarang masyarakat yang mempelajari buku tersebut karena terlalu jenuh dan membosankan.
Banyak masyarakat yang mengetahui olahraga ini, tetapi mereka tidak mengetahui teknik dasar dalam olahraga billiard. Mereka hanya bermodalkan bisa bermain dengan cara memukul bola dan memasukkan bola ke dalam lubang saja.
Dalam hal ini untuk memberi pemahaman serta teknik dasar bermain olahraga billiard yang baik dan benar kepada masyarakat yang ingin belajar, akan dibuat aplikasi yang berjudul “Perancangan Dan Pembuatan Aplikasi Pembelajaran Teknik Dasar Olahraga Billiard Berbasis Android Jelly Bean 4.1”.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar